Berharap Mulai Dari Pendidikan

Secara bahasa definisi pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Sahabat blogger dimanapun anda berada, Kita semua telah menyadari seperti apa kondisi di Negara kita sekarang ini, kemunduran dan ketidakberhasilan dalam mengatasi masalah bangsa ini menyebabkan munculnya masalah baru yang saling susul-menyusul tiada hentinya.

Berharap Mulai Dari Pendidikan

Pemerintah yang seharusnya fokus dan serius mengatasi masalah yang melanda bangsa ini malah semakin di sibukkan dengan masalah-masalah intern.

Kemana sosok Negarawan yang benar-benar memperjuangkan kemajuan dan kehormatan bangsa ini. Sepertinya kita telah miskin dalam regenerasi, mana generasi bangsa ini yang rela berkurban harta, jiwa dan raga. Yang terjadi malah korupsi dimana-mana, hampir disemua lembaga pernah kita dengar terjadi korupsi.

Perubahan apa sebenarnya yang mesti harus kita lakukan, pendidikan...? seperti apa wajah pendidikan kita sekarang ini, mungkin baik di wilayah tertentu tapi berapa persen yang seperti itu.

Dimana letak kesalahan sistem pendidikan di Negara kita.

Peran pendidikan dalam suatu bangsa adalah sesuatu yang sangat mendukung untuk menciptakan generasi-generasi yang jujur dan bermarbat. tetapi bagaimana hal tersebut bisa terwujud kalau jiwa pendidiknya salah memprioritaskan tujuan yang sebenarnya.

Pemerintah mencoba melakukan perbaikan, namun tidak semua kalangan menyambutnya dengan dengan baik, disana-sini masih ada tanggapan yang pro dan kontra. Meski demikian program pemerintah tetap jalan dengan melakukan penyempurnaan dari tahun-ketahun.

Pelaksanaannya masih belum berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Setiap orang pada dasarnya pernah mengalami pendidikan, tetapi tidak setiap orang mengerti makna kata pendidikan. Pengertian pendidikan menjadi penting manakala bahwa kita tidak dapat memungkiri bahwa dengan perkembangan zaman di dunia pendidikan yang terus berubah dengan signifikan sehingga banyak mengubah pola pikir pendidik, dari pola pikir yang awam dan kaku menjadi lebih modern.

Hal tersebut sangat berpengaruh dalam kemajuan pendidikan di Indonesia. Hanya saja, seiring dengan kemajuan pendidikan terkadang konsep atau pengertian tersebut mungkin menjadi kabur.

Education is a function of the State, and is conducted, primarily at least, for the ends of the State. State – highest social institution which secures the highest goal or happiness of man. Education is preparation for some worthy activity. Education should be guided by legislation to make it correspond with the results of psychological analysis, and follow the gradual development of the bodily and mental faculties.

Artinya : Pendidikan adalah salah satu fungsi dari suatu negara, dan dilakukan, terutama setidaknya, untuk tujuan Negara itu sendiri. Negara adalah institusi sosial tertinggi yang mengamankan tujuan tertinggi atau kebahagiaan manusia. Pendidikan adalah persiapan/bekal untuk beberapa aktivitas/pekerjaan yang layak. Pendidikan semestinya dipandu oleh undang-undang untuk membuatnya sesuai (koresponden) dengan hasil analisis psikologis, dan mengikuti perkembangan secara bertahap, baik secara fisik (lahiriah) maupun mental (batiniah/jiwa).

Tetaplah berharap perbaikan mulai dari pendidikan, terutama pendidikan generasi penerus bangsa ini. Maslah yang dihadapi bangsa ini akan membuat semakin dewasa dan semakin bijak menghadapi masalah yang akan datang. Jayalah Negeriku, Jayalah Indonesiaku.

Tags

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.