Lebih Mudah Blogspot apa WordPress

Lebih Mudah Blogspot apa WordPress

Pertanyaan lebih mudah blogspot apa Wordpress itu sering sekali ditanyakan ketika beberapa calon pelanggan ingin memesan template yang biasa saya pasarkan di berbabagi sosial media. Hal ini membuat saya ingin sekali memberikan sedikit ulasan secara tertulis di blog ini, guna untuk memberikan sedikit edukasi kepada yang belum pernah merasakan blogspot atau Wordpress.

Sahabat IDMaspur yang saya hormati dimanapun anda berada, kalau saya ditanya lebih mudah blogspot apa wordpress?, Tentu secara spontan menjawab mudah wordpress, Kenapa bisa demikian. Secara umumnya yang terbiasa menggunakan wordpress tentu akan tetap berpihak kepada wordpress, apalagi yang dibuat dari hosting yang berbayar atau biasa disebut Shell Host.

Kita akan bahas dari yang simple dulu saja agar tidak begitu membingungkan calon pengguna baru agar bisa menjadi bahan perhitungan dalam memilihi.

Perbandingan Gratis dan Berbayar

Berbiacara masalah gratis dan berbayar tentu kebanyakan memilih enak yang gratisan, dan disini saya untuk masalah bayar dan gratis saya pilih yang gratisan hehehe, nah untuk enaknya tentu enak blogspot karena diberikan penyimpanan yang besar di setiap email yang terdaftar, biasanya 15Gb.

Baca juga: Cara Membuat Artikel yang Benar di Blog

Untuk kamu yang masih dalam tahap belajar atau baru mengenal dunia website/blog bisa mencoba di blogspot dahulu, tidak disarankan menggunakan wordpress gratisan karena banyak hal yang dilarang disana, salah satunya tidak bisa mendaftar periklanan adsense atau memasang script banner apapun.

Disini atau di blogspot seperti blog saya ini kamu bisa memasang dan memodifikasi sesuai dengan keinginan kamu, mulai dari tampilan, daftar iklan dan memasang banner affiliate, tidak ada larangan.

Dari poin diatas saya masih mendukung blogspot karena selain gratis kita dimudahkan berkarya sesuai dengan keahlian kita masing-masing, mulai dari membuka jasa, menjual produk seperti template portal berita atau template landing page juga bisa kamu jual melalui blogspot.

Semua fasiltas diatas tidak bakalan kamu temui di wordpres gratisan, begitupun di wordpress berbayar kamu tidak akan mampu membuat template landing page jika tidak dibantu dengan plugin yang berbayar seperti plugin elementor dan lainnya, kalaupun ada yang gratisan itupun terbatas tampilannya.

Penulisan Artikel

Untuk masalah penulisan artikel hampir tidak jauh berbeda, karena saya memang senang menulis menggunakan Format HTML, jadi meskipun di wordpress berbayar saya tetap memasang plugin clasic untuk membantu saya menulis artikel. Bagi saya keduanya sama-sama mudah dan mendukung.

Membuat Kategori dan Tag

Nah masih di seputar penulisan artikel, disini ada banyak perbedaan diantara keduanya, jika kita menggunakan blogger atau blogspot, saya hanya menemukan 1 label saja, sehingga saya harus berhati-hati membuat label agar tidak terlihat berantakan ketika membuat menu halaman atas.

Contoh di Blogger, ketika membuat tag tentu harus kita fikirkan panjang pendeknya dan besar kecilnya huruf agar terlihat rapi di tampilan situs maupun di halaman google pencarian, di blogspot ketika kita membuat tag jika kepanjangan maka akan terlihat jelek di wisget Label, contohnya saya membuat tag (Blogspot Landing Page) atau (Blogger Template) makan nanti akan terlihat tidak rapi, karena Tag atau Label akan terlihat panjang pendek jika tidak di kostum dalam memunculkan label di blogspot.

Jika di Wordpres, baik itu berbayar atau gratisan ada 2 pilihan Kategori dan Tag, hal ini bisa lebih baik atau SEO Friendly di hadapan mesin pencari, dan ini juga bisa menambah indek untuk situs kitadi google.

Fungsi Kategori dan Tag yang ada di Wordpress:

Fungsi kategori di wordpress

Fungsi kategori di wordpress untuk lebih tertuju dalam membuat topik atau pencarian, contohnya saya membuat artikel berita daerah, makan saya akan membuat Kategori Berita dan Sub Kategori Daerah maka tampilannya seperti dibawah ini.

Berita
- Daerah
- Politik
- Ekonomi

Yang judul Berita diatas adalah Katgori Utama sedangkan dibawahnya Sub Kategori, ini akan mempermudah pengguna dalam mencari artikel yang sudah mencapai ribuan atau jutaan artikel di website kita.

Jadi kalau saya tidak langsung membuat seperti ini (Berita-Daerah) entah siapa yang salah, kutak tau :D ....mungkin saya suka yang pendek-pendek saja, contoh ketika ada postingan soal Blogger Template maka saya pecah pertama Blogger baru Template jadi di pencarian tidak search/label/blogger20%Template, jadinya akan Search/label/blogger saja.

Fungsi Tag di WordPress

Fungsi dan kegunakan Tag pada platform wordpress kalau saya untuk menegaskan kata kunci di pencarian, semisal saya menegaskan Pesulap Merah atau Gus Samsudin sebagai kata kunci Judul makan saya akan berita Tag Pesulap Merah dan Gus Samsudin sebagai kata kunci pertama artikel, bisa di lihat contohnya disini.

Nah untuk di blogspot memang bisa namun seperti yang sudah saya jelaskan diatas, tampilan label akan ada yang panjang dan pendek, makanya kalau saya di blogger menggunakan label yang pendek-pendek saja agar supaya rapi.

Untuk urusan indek ga ke indek yah kita pasarah saja, karena kompetitor kita bukan orang kemarin sore, bukan orang tak bermodal, dan bukan orang yang suka serba gratisan he he he.

Mungkin ini saja keterangan singkat yang sudah menanyakan lebih mudah blogspot atau wordpress, untuk masalah pilihan jika kamu memiliki modal sebaiknya menyewa hosting murah indonesia dan membeli nama domain sesuai usaha kamu.

Jika belum memiliki modal besar untuk membuat website yang berbayar seperti wordpress, kamu masih bisa memanfaatkan blogger landing page untuk mempromosikan produk kamu di fb ads atau google ads dengan desain yang mewah dan harga yang murah.

Semoga Bermanfaat

Lihat Penawaran kami: Jasa Desain Website Profesional

Tags

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.