Sepeda Motor Suzuki Thunder Brebet

Sepeda Motor Suzuki Thunder Brebet

Sepeda Motor Suzuki Thunder Brebet

Barangkali anda memiliki Sepeda Motor Suzuki Thunder Brebet? Semoga pengalaman berikut ini bisa menjadi pelajaran untuk anda bila mengalami masalah yang serupa.

Kebetulan yang mengalami ini adalah teman saya. Ia menggunakan sepeda motor Suzuki Thunder- nya untuk berangkat dan pulang kerja.

Tentu saja kondisi motornya harus selalu prima dan fit. Tetapi kali sepeda motornya seperti kehabisan bensin.

Nyalanya tidak stabil seperti mau mati. Atau istilah umumnya adalah brebet.

Mengatasi Motor Suzuki Thunder Brebet

Ia pun takut sepeda motornya mogok di jalan, maka ia tarik cuk dan motor ditancap dengan gas tinggi.

Untunglah sampai di kantor tanpa perlu mogok di jalan. Maka sepeda motor Suzuki Thunder pun langsung kami titipkan di bengkel agar di service, setelah ia absen masuk kerja.

Kenapa sepeda motor Thundernya brebet?

Setelah masuk bengkel sepeda motor Thunder pun langsung di bongkar. Di periksa system pengapiannya ternyata semua system pengapian baik – baik saja.

Nyala busi baik, begitu pula nyala kabel tegangan tinggi dari koil juga bagus. Gap busi juga baik yaitu 0,7 mm. Kesimpulannya pengapian sepeda motor Thunder baik.

Pemeriksaan berikutnya adalah memeriksa system bahan bakarnya. Saluran buang di karburator di buka. Dan bensin keluar dari saluran buang tersebut.

Artinya bensin ada di bak pelampung karburator.

Aliran bensin dari tangki ke karburator baik. Karburator Suzuki Thunder pun di bongkar, setelah di bongkar ternyata kotoran menumpuk di bak pelampung.

Warna bensin di bak pelampung bukan lagi warna bensin, tapi sudah seperti air sungai bercampur lumpur tanah warnanya coklat.

Bayangkan bagaimana bisa bensin seperti itu masuk ke dalam ruang bakar.

Solusinya

Setelah di ketahui penyebabnya adalah karburator yang kotor, maka karburator pun dib ersihkan dengan karburator cleaner.

Semprot – semprot lubang spuyer, spuyer dan juga kotoran yang menempel di bak pelampung. Enaknya pakai karburator cleaner adalah kotoran langsung luntur.

Kotoran yang tadinya sudah keras dan mengerak di karburator langsung luntur saat terkena cairan dari karburator cleaner.

Penyemprotan dengan karburator cleaner selesai, maka di semprot dengan udara bertekanan dari kompresor.

Karburator dirakit kembali, lalu pasang kembali ke intake manifold.

Mesin Motor Suzuki Thunder di hidupkan, dan setel ulang sekrup angin agar mendapat campuran bensin dan udara yang pas.

Kesimpulannya

Berdasarkan hasil pengamatan saya terhadap Sepeda Motor Suzuki Thunder yang Brebet tersebut.

  • Selang dari saringan udara ke karburator tidak terpasang dengan baik.
  • Akibatnya saat mesin menghisap udara, debu pun ikut terhisap masuk.
  • Terlihat dari selang dan bagian luar karburator yang penuh dengan debu.

Ya seperti itulah kotoran yang masuk ke dalam bak pelampung karburator Motor Suzuki Thunder.

Jadi saringan udara bukanlah sekedar pajangan di sepeda motor yang tidak artinya.

Manfaatnya tidak seserius karburator , busi , koil dan komponen penting lainya.

Tapi bila saringan udara tidak diperhatikan ini bisa menjadi masalah juga bagi kelangsungan hidup mesin sepeda motor Suzuki Thunder Anda.

Jadi pasanglah saringan udara dengan benar ke karburator, agar udara yang masuk ke karburator benar – benar bersih dari debu atau kotoran.

Tags

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.