Mengenal Apa Itu Enclosure?

Mengenal Apa Itu Enclosure

Blog Pendidikan Technology dan Bisnis - Mengenal Apa Itu Enclosure?

Pernahkah Anda berfikir apa itu metal enclosure? Dalam bentuk apa metal enclosure ini di gunakan? Berikut penjelasan mengenai metal enclosure secara lengkap.

Perkembangan Pendidikan dan teknologi membuat segala dapat di lakukan dengan sistem digital, tak terkecuali dengan penyebaran informasi atau transaksi.

Salah satu contoh dari pemanfaatan teknologi modern yaitu metal enclosure.

Namun sebenarnya apa sih metal enclosure itu? Dalam hal apa saja metal enclosure digunakan? Apa manfaat dan keunggulan menggunakan metal enclosure? Untuk mengetahuinya, simak informasi berikut!

Table of Content (toc)

Baca Tentang Investasi Dunia - Gonjang-ganjing ekonomi global sampai saat ini masih belum reda. Bahkan, di tahun depan ancaman resesi mengintai beberapa negara. berikut ini adalah Deretan Investasi Cuan di Tahun Kelinci Air.

Mengenal Apa Itu Enclosure?

Mungkin Anda akan bertanya-tanya apa sih enclosure itu? Enclosure merupakan segala sesuatu yang berada di dalam atau di kelilingi oleh sesuatu yang lain. Bagaimana maksudnya?

Agar lebih mudah, kita pahami dulu bahwa sesuatu yang terletak di dalam ini berupa rangkaian alat listrik, software, aplikasi, atau bahkan ruangan kosong.

Sesuatu ini akan di kelilingi oleh sesuatu yang lain, dapat berupa bahan metal atau yang lainnya, jika masih bingung silahkan baca terlebih dahulu di bawah ini.

Allahumma sholli 'ala Sayyidina Muhammad wa ala Ali Sayyidina Muhammad. "Ya Allah semoga rahmat senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad dan juga kepada Keluarga Nabi Muhammad." Aamiin

Bisa di katakan juga bahwasanya enclosure merupakan sebuah wadah yang di dalamnya dapat berisi berbagai jenis media, baik cair, padat, maupun gas.

Apakah masih bingung? Jika masih bingung, pernahkah Anda melihat mesin ATM atau mesin pemesanan tiket kereta? Nah, mereka inilah salah contoh dari penggunaan enclosure.

Penjelasan Tentang Enclosure

Meski di luar hanya terlihat seperti kotak besi saja, tapi sejatinya di dalam kotak tersebut terdapat suatu sistem yang dapat membuat kotak besi tersebut dapat memunculkan berbagai informasi atau melakukan transaksi.

Penyampaian informasi pada enclosure ini dilakukan secara digital, tidak hanya dalam bentuk tulisan saja, tetapi juga dalam bentuk gambar, audio, atau bahkan video. Selain untuk menyampaikan informasi, enclosure juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi, mengambil nomor antrian, atau sebagai kotak penyimpanan.

Enclosure juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Dalam industri farmasi sendiri enclosure banyak digunakan untuk menyimpan bahan atau menjadi bagian proses produksi. Seperti misalnya, oven, freezer, autoclave, showcase, inkubator, climatic chamber, atau lemari pendingin.

Jenis Bahan Enclosure

Salah satu jenis bahan enclosure yang paling banyak digunakan yaitu metal enclosure. Metal enclosure ini dibuat dari baja tahan karat, baja ringan, baja galvaneal, atau baja galvanis. Baja galvanis sendiri merupakan jenis baja yang dibuat dari proses galvanisasi.

Baja galvanis ini tentu tidak sama dengan baja baja galvaneal. Baja galvanis mengandung seng dan aluminium sebanyak 0,3 persen.

Sementara itu, baja galvaneal akan mengandung alumunium dan juga besi sebanyak 10 persen. Umumnya, baja galvaneal juga akan dicat tebal untuk menghambat terjadinya korosi.

Metal enclosure juga dapat dirancang dan juga disesuaikan berdasarkan konfigurasi dan ukuran yang berbeda-beda, tergantung dari kebutuhan pelanggannya. Ada kalanya metal enclosure dibuat dan dirancang guna menahan kondensasi dan radiasi sinar matahari. Ada kalanya juga dirancang dan dibuat untuk menahan suhu.

Penggunaan bahan metal pada enclosure juga dapat membuat enclosure lebih kuat, awet, dan tahan lama. Bahkan, jika Anda menggunakannya dalam jangka waktu yang lama sekalipun.

Penggunaan Metal Enclosure

Metal Enclosure Hadirkan Desain Cantik
Hadirkan Desain Cantik untuk Memikat Audience dengan Branding, Anda dapat menempatkan identitas brand sendiri maupun brand klien anda. Enclosure menjadi lebih menarik dan eye-catching.

Perlu Anda ketahui, dewasa ini penggunaan metal enclosure sangatlah banyak. Ada yang digunakan untuk kiosk atau e-kiosk, digital signage, box antrian. papan informasi elektronik, anjungan informasi digital, box panel, dan masih banyak lagi.

Untuk penjelasan masing-masing penggunaan metal enclosure, dapat Anda lihat pada penjelasan berikut.

1. Digital Signage

Digital signage merupakan sebuah papan informasi yang dapat menampilkan video atau gambar secara digital.

Jika dulunya papan informasi lebih mengandalkan teknologi printing, seperti spanduk, baliho, banner, kini sudah tidak lagi. Digital signage akan mengandalkan digital screen atau layar digital.

Pada umumnya, ada dua layar yang biasa digunakan pada digital signage. Layar yang pertama yaitu layar LCD dan layar kedua yaitu layar LED Videotron. Namun, di Indonesia sendiri cenderung lebih melekat dengan LCD screen.

Adapun manfaat dari digital signage di antaranya adalah:

  1. Informasi publik, seperti peta, cuaca di suatu wilayah berita, informasi perjalanan, dan lain-lain
  2. Informasi produk, seperti resep, harga, bahan baku, branding, cara pemasaran, dan lain sebagainya
  3. Informasi internal, seperti kesehatan karyawan, keselamatan karyawan, item perusahaan, dan masih banyak lagi
  4. Branding
  5. Pemesanan
  6. Navigasi
  7. Mempengaruhi perilaku konsumen

2. Kiosk/E-kiosk/Self Service Kiosk

Kiosk merupakan suatu perangkat media yang berisikan informasi, promosi, transaksi, pembayaran ticketing, dan lainnya.

Kiosk sendiri seperti seperangkat komputer yang terdiri dari software dan hardware yang berguna untuk mendisplay tampilan informasi agar dapat diakses pengguna secara mandiri (self service).

Umumnya, kiosk memiliki bentuk hampir sama dengan ATM yang mana para penggunanya dapat mencari informasi dari layar.

Beberapa kiosk ada kalanya ditambah dengan mouse, printer atau keyboard. Namun, jika sudah dilengkapi dengan teknologi touch screen, mouse atau keyboard tidak diperlukan lagi.

Secara umum, kiosk ini dapat Anda jumpai di tempat-tempat umum, seperti bandara, restoran cepat saji, stasiun, mall, dan masih banyak lagi.

Penggunaannya pun beragam, dapat berupa peta digital, mesin absensi, menu restoran digital, game digital, jadwal room online, dan lain-lain.

Kiosk juga memiliki ukuran yang bervariasi. Untuk ukuran standar yang biasa digunakan yaitu 82 inch, 60 inch, 55 inch, 43 inch, 40 inch, dan 32 inch. Sementara untuk ukuran di bawah 32 inch dapat Anda pesan secara custom.

Dalam kiosk, terdapat versi pro dan juga versi lite. Versi pro memiliki spesifikasi prosesor yang lebih rendah di banding dengan versi lite. Pada versi lite menggunakan prosesor mini PC Intel Celeron.

Untuk standar RAM yang digunakan antara kiosk versi lite dan juga pro masih sama, yaitu menggunakan standar RAM 4GB.

Namun, kiosk versi lite menggunakan media penyimpanan 320GB HDD, sedangkang kiosk versi pro menggunakan media penyimpanan 240GB SSD.

Nah, dalam satu paket kiosk ini akan berisi mini PC, display, touch screen overlay, OS Windows 10 pro non Ms. Office, tempered glass, dan juga casing. Sedikit pengecualian, untuk kiosk versi lite tidak dilengkapi dengan tempered glass dan juga casing.

Info Menarik Lainnya Contoh Backlink Berkualitas

3. Mesin Antrian/Box Antrian

Box antrian merupakan sebuah komputer dengan bentuk seperti kiosk yang sudah dilengkapi dengan software antrian. Metal enclosure box yang satu ini sudah dilengkapi tombol maupun layar touchscreen yang menampilkan informasi atau untuk transaksi.

Nada panggilan pada mesin ini akan menggunakan suara pria maupun wanita dengan berbagai bahasa. Pada layarnya juga akan menampilkan nomor antrian sekaligus loket yang dituju. Tak lupa juga sudah dilengkapi dengan mini printer thermal untuk mencetak kertas atau kartu antrian.

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan mesin antrian, seperti misalnya:

  1. Pelanggan tidak perlu berbaris untuk dilayani oleh customer service
  2. Kenyamanan pelanggan lebih terjamin
  3. Memberikan tingkat pelayanan yang lebih baik
  4. Dapat melihat dokumentasi atau video tutorial yang berkaitan dengan tujuan dari kunjungan mereka

4. Anjungan Informasi Digital

Anjungan informasi atau yang biasa juga disebut dengan anfo merupakan sebuah media anjungan yang berisikan berbagai informasi. Akses informasi pada anfo ini dilakukan dengan cara menyentuh layar, atau dengan kata lain dengan teknologi touchscreen.

Dengan menggunakan anfo, Anda juga dapat memperoleh beberapa manfaat. Beberapa manfaat tersebut di antaranya, yaitu:

  1. Dapat mendung berbagai jenis file.
  2. Informasi disampaikan melalui audio visual, sehingga lebih interaktif dan menarik.
  3. Dapat terintegrasi dengan sistem yang sudah tersedia.
  4. Menyajikan sebuah produk dengan lebih elegan dan memiliki sentuhan emosional yang berbeda.

5. Papan Informasi Elektronik

Bisa di bilang, papan informasi elektronik ini merupakan suatu teknologi baru yang dapat mengubah layar LCD menjadi sebuah papan informasi sistem digital yang lebih interaktif. Papan ini bahkan dapat menampilkan informasi bersamaan dengan gambar, video, presentasi, dokumen, website, atau aplikasinya lainnya.

Pada saat menampilkan berbagai informasi atau tayangan pada masing-masing layar, sebuah papan informasi digital hanya membutuhkan satu server saja. Server ini bertujuan untuk memberikan spesifikasi khusus agar tayangan tersebut dapat berjalan dengan optimal.

Salah satu contoh sederhana penggunaan papan informasi digital yaitu mading sekolah. Jika biasanya mading sekolah menggunakan papan biasa dengan berbagai informasi yang di tempel, kini dengan papan informasi elektronik ini mading menjadi lebih berwarna dan interaktif.

Anda juga dapat membuat jadwal penayangan informasi tersebut, tanpa harus melepas atau memasangnya.

6. Box Panel

Box panel merupakan sebuah benda berbentuk kotak yang memiliki berbagai variasi dan ukuran. Box panel umumnya menggunakan plat besi dengan ketebalan 0,5-1 mm.

Bagian sisi kotak ini memiliki lubang dengan lebar yang hampir sama dengan bagian belakang dan nantinya akan dilengkapi dengan baut penutup.

Di dalam box panel juga terdapat sebuah papan yang akan dikaitkan pada pintu sebelah belakang dengan menggunakan baut.

Tujuannya yaitu agar papan tersebut dapat dilepas atau dipasang kembali.

Box panel ini banyak digunakan pada instalasi listrik. Seperti yang Anda ketahui, instalasi listrik ini umumnya terletak di luar ruangan sehingga rawan terpapar sinar matahari atau terkena hujan.

Adanya perubahan cuaca ini tentu dapat menyebabkan instalasi outdoor dan alat listrik lebih mudah rusak. Untuk itu, agar keamanan instalasi listrik outdoor tetap terjaga diperlukan box panel sebagai media penyimpanannya.

Dengan menggunakan box panel, kerusakan panel listrik baik yang disengaja maupun tidak disengaja dapat diminimalisir dengan baik. Selain itu, penggunaan box panel juga dapat memberikan banyak manfaat lain, seperti misalnya:

  • Panel akan secara otomatis melepas supply atau sumber tenaga listrik jika terjadi sebuah gangguan pada rangkaian
  • Dapat membagi kelompok beban dengan baik antara instalasi tenaga dan juga instalasi penerangan
  • Tenaga listrik akan disuplai dari sumber ke beban
  • Mendistribusikan tenaga listrik yang berasal dari panel cabang, panel utama, hingga ke pusat, baik untuk instalasi tenaga maupun penerangan
  • Menghubungkan rangkaian listrik yang satu dengan rangkaian listrik yang lain dalam satu operasi kerja
  • Mengontrol rangkaian beban pada masing-masing rangkaian
  • Keuntungan dan Manfaat Menggunakan Metal Enclosure

Kelebihan Enclosure Bahan Metal

Kelebihan Enclosure Bahan Metal

Enclosure dengan bahan metal tentu memiliki banyak kelebihan. Berikut adalah beberapa kelebihan dan keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan metal enclosure.

Allahumma sholli wasallim 'ala Sayyidina Muhammad wa ala Ali Sayyidina Muhammad. Artinya: "Ya Allah semoga rahmat senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad dan juga kepada Keluarga Nabi Muhammad."

1. Memiliki harga yang lebih murah

Jika di bandingkan dengan kayu berkualitas, tentu saja bahan metal memiliki harga yang lebih murah. Maka dari itu, jika dibandingkan menggunakan enclosure berbahan kayu dengan kualitas tinggi, akan lebih baik jika Anda memilih enclosure dengan bahan metal.

2. Kuat dan Tahan Lama

Seperti yang Anda ketahui, material berbahan metal akan tahan terhadap rayap dan juga hama. Tentu hal ini berbeda dengan kayu. Oleh karena itu, ketahanannya pun satu tingkat lebih baik jika di bandingkan dengan kayu.

3. Mudah Dipasang

Enclosure dengan material besi umumnya juga lebih mudah untuk di pasang, di bandingkan dengan material kayu. Dengan begitu, proses pemasangannya pun akan memakan waktu yang lebih sedikit. Biasanya, pemasangan metal enclosure ini dilakukan oleh para ahli yang sudah berpengalaman di bidangnya.

4. Mudah Ditemukan

Untuk saat ini, enclosure dengan bahan metal sudah mulai dapat di temukan dengan sangat mudah. Bahkan, dibandingkan dengan kayu berkualitas tinggi, keberadaan material metal lebih mudah untuk ditemukan. Umumnya, metal enclosure ini akan tersedia di toko bangunan atau tempat khusus yang menyediakan enclosure.

5. Aman

Selain tahan lama, metal enclosure juga jauh lebih aman. Sebab, material besi sangatlah sulit untuk dirusak. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi khawatir dengan kemampuan perlindungan yang di berikan.

Kesimpulan

Perkembangan teknologi memang membuat segalanya menjadi lebih mudah, seperti halnya penggunaan metal enclosure. Metal enclosure sendiri dibuat dari baja tahan karat, baja ringan, baja galvaneal, atau baja galvanis. Dengan penggunaan bahan-bahan tersebut tentu membuat metal enclosure juga memiliki berbagai keunggulan lain.

Nah, itulah tadi beberapa penjelasan mengenai Mengenal Apa Itu Enclosure?, penggunaan metal enclosure, dan juga manfaat atau keunggulan dari metal enclosure. Dari informasi di atas, apakah Anda semakin tertarik untuk memanfaatkan teknologi ini?

Info Jika Anda sedang mencari jasa pembuatan kiosk enclosure? Cobalah berkunjung ke produsen enclosure kiosk / ekiosk, digital signage box mesin antrian, silahkan anda Tanya ke Pandhe Metalworks KLIK DISINI.
Tags

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.